Jakarta, NewsPillars – Jalan kaki bisa jadi salah satu pilihan olahraga murah dan mudah. Jalan bisa di lakukan kapan saja. Namun, pertanyaannya adalah berapa maksimal jalan kaki sehari?

Secara umum, para ahli merekomendasikan aktivitas fisik jalan selama 30 menit per hari. Durasi ini di anggap cukup untuk meningkatkan kebugaran, memperkuat sistem kardiovaskular dan tulang, hingga mengurangi lemak di tubuh.

Namun, tak semua aktivitas jalan bisa dianggap sebagai olahraga. Jalan kaki bisa dianggap sebagai olahraga jika dilakukan secara nonstop.

Rata-rata orang akan berjalan kaki kurang dari 5 ribu atau 10 ribu langkah setiap harinya. Tapi, jumlah langkah rata-rata yang bisa ditempuh setiap orang saling berbeda. Hal ini tergantung pada tingkat kebugaran dan tujuan kesehatan masing-masing.

Perbedaan ini juga berlaku jika ditanya soal berapa maksimal jalan kaki sehari. Namun, mengutip Medical News Today, Center for Disease and Prevention Control (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan target harian sebanyak 10 ribu langkah.

Yang jelas, orang yang hanya memiliki kurang dari lima ribu langkah setiap hari di anggap menjalani gaya hidup sedentari.

Rekomendasi Jumlah Jalan Kaki

Untuk lebih jelasnya, berikut ini jumlah jalan kaki yang direkomendasikan.

Berdasarkan Jenis Kelamin

Sebenarnya, tak ada jumlah khusus bagi pria maupun wanita soal jumlah langkah sehari-hari yang harus di tempuh untuk memiliki tubuh bugar dan sehat. Tapi, 10 ribu langkah sehari sangat di anjurkan baik bagi pria maupun wanita.

Selain jumlah, cara berjalan juga perlu di perhatikan. Saat melakukan aktivitas jalan untuk olahraga, Anda di anjurkan jalan sedikit lebih cepat dari biasanya. Anda juga tidak di anjurkan sering istirahat atau berhenti. Lakukan jalan nonstop selama 30 menit atau lebih.

Anak-anak Usia 3-5 Tahun

Anak-anak berusia 2-5 tahun juga perlu melakukan aktivitas jalan untuk olahraga. Namun, tidak di jelaskan berapa banyak langkah yang harus mereka tempuh saat jalan kaki.

Usia 6-17 Tahun

CDC menyebut, anak-anak dan remaja yang ada di rentang usia 6-17 tahun setidaknya berjalan kaki 11-12 ribu langkah sehari.

Orang Dewasa dan Lansia

Jumlah jalan kaki yang di targetkan di usia-usia dewasa dan lansia hampir sama dengan usia remaja, yakni di angka belasan ribu setiap harinya.

Sebuah sudi pada 2019 lalu yang melibatkan wanita lanjut usia menemukan, peserta yang jalan 4.400 langkah per hari memiliki tingkat kematian lebih rendah di bandingkan mereka yang hanya berjalan 2 ribu langkah per hari.

Kesimpulan penelitian ini menemukan bahwa semakin banyak langkah, semakin rendah angka kematian. Demikian penjelasan mengenai berapa maksimal jalan sehari. Semoga bermanfaat.

Sumber Artikel: cnnindonesia.com

By XO XO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *