Asal-Usul Mie Lethek Bantul dan Resep Olahan yang Lezat

Jakarta, NewsPillars – Asal-usul nama Mie Lethek sendiri berasal dari bahasa Jawa, “lethek” yang berarti “berwarna hitam”. Mie ini terbuat dari mie berwarna hitam kecoklatan yang berasal dari tepung kanji atau ubi jalar dan disajikan dengan kuah kaldu ayam atau sapi.

Biasanya disajikan dengan irisan daging ayam atau sapi, tauge, dan beberapa sayuran seperti daun bawang, daun seledri, dan bawang goreng. Selain itu, Mie ini juga dikenal dengan rasa pedas dan gurih yang khas.

Mie ini merupakan makanan yang tergolong sederhana dan ekonomis. Awalnya, Mie ini dijual sebagai makanan jajanan oleh para pedagang keliling di sekitar pasar tradisional Imogiri. Namun, karena kelezatan dan keunikan rasanya, Mie ini semakin populer dan kini telah menjadi salah satu kuliner khas Yogyakarta yang terkenal dan dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Meski asal usulnya sederhana, Mie ini ternyata merupakan hidangan yang bergizi tinggi. Tepung singkong yang bahan utamanya merupakan sumber karbohidrat yang baik, memberikan energi bagi tubuh.

Tepung tapioka, komponen penting lainnya, merupakan sumber serat yang kaya, penting untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, Mie ini mengandung protein, vitamin, dan mineral, menjadikannya pilihan nutrisi yang lengkap.

Mie Lethek telah melampaui peran kulinernya menjadi lambang budaya Yogyakarta. Kesederhanaan dan harganya yang terjangkau mencerminkan semangat daerah ini yang membumi. Sementara cita rasa yang kaya mencerminkan kehangatan dan keramahtamahan masyarakatnya.

Mie Lethek lebih dari sekedar hidangan ini merupakan bukti kecerdikan dan kecerdikan warisan kuliner Yogyakarta. Perpaduan unik antara rasa, tekstur, dan makna budayanya telah memantapkan posisinya sebagai permata kuliner tercinta.

Rasa mie ini yang sangat banyak yang mencari oleh mereka yang mencari cita rasa Yogyakarta yang sesungguhnya. Di musim penghujan ini sangat cocok menikmatinya dengan semangkok mie Lethek yang hangat.

Hangat dan menyegarkan saat Anda menyesapnya dan terpadupadankan dengan toping pelengkapnya yang enak, sambil menikmati sejuknya udara malam di musim hujan ini.

Berikut Cara Membuat Mie Lethek yang Lezat

Jangan khawatir kalau kamu kesulitan menemukan mie ini pada daerah kamu, karena mie Lethek sekarang sudah bisa anda beli secara online ataupun melalui e-commerce. Berikut resep dan cara membuat mie Lethek godog yang enak.

Cara memasak Mie Lethek Godog Khas Bantul cukup mudah. Berikut adalah bahan-bahan dan langkah-langkahnya:

Bahan-bahan yang anda perlukan:

  • 200 gram mie Lethek
  • 2 siung bawang merah, cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah cabai merah besar, iris tipis
  • 1 buah tomat, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 100 ml santan kental

Langkah-langkah memasak mie Lethek sebagai berikut:

  1. Rebus mie Lethek hingga matang, kemudian tiriskan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan cabai merah dan tomat, tumis hingga layu.
  4. Tambahkan garam, gula pasir, merica bubuk, dan kaldu bubuk, aduk rata.
  5. Tuang santan kental, masak hingga mendidih.
  6. Masukkan mie Lethek, aduk rata.
  7. Masak hingga bumbu meresap, kemudian angkat.

Tersaji hangat, wah, nikmatnya sungguh tiada duanya! Mie Lethek Godog Khas Bantul dapat disajikan dengan taburan bawang goreng dan kerupuk. Mie ini juga cocok disantap dengan lauk pauk, seperti ayam goreng, telur dadar, atau tempe goreng.

Sumber Artikel : Magelang Ekspres

By XO XO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *