Jakarta, NewsPillars – Gempa bumi terjadi di Tuban, Jawa Timur (Jatim). Dampak gempa terasa hingga sejumlah wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga Yogyakarta. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Berikut sederet fakta terkait kejadian gempa bumi di Tuban hari ini, 24 Maret 2024:

Pusat dan Kekuatan Gempa Bumi Tuban

Menurut update data dari BMKG, gempa di Tuban, Jawa Timur, terjadi pada hari Jumat, 22 Maret 2024 pukul 11.22 WIB. Lokasi pusat gempa berada di laut 132 km timur laut Tuban dengan kedalaman 10 km. Titik koordinat gempa berada pada 5,79° LS – 112,32° BT.

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,9 menurut update data BMKG per pukul 12.30 WIB. Sebelumnya tercatat kekuatan gempa M 6,1. “Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,”tulis BMKG.

Jenis Gempa Dangkal Akibat Strike-Slip

Dalam keterangan resminya, Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi di Tuban pada Jumat, 22 Maret 2024 merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Penyebab terjadinya gempa bumi tersebut adalah adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip). “Akibat adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),”demikian keterangannya, Jumat (22/3/2024).

Daftar Wilayah Terdampak-Terasa Gempa

Gempa bumi di Tuban berdampak dan terasakan di sejumlah daerah, antara lain:

  • Tuban skala intensitas IV-V MMI (Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk).
  • Bawean dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).
  • Jepara, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Kudus, Blora, Pekalongan, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang, Semarang, dan Yogyakarta dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran di rasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Ada Gempa Susulan-Tak Berpotensi Tsunami

Tercatat hingga pukul 11.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan kekuatan M 4,4 yang terjadi di Tuban, Jawa Timur. BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG turut mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu tidak benar. Selain itu masyarakat juga di imbau untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,”pesan BMKG.

Sumber Artikel: detik.com

By XO XO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *